Monday, November 24, 2014

Tutorial rumus logika pada Ms. Excel

Tutorial Pada ms. Excel untuk membuat tabel kebenaran
berikut ini saya lampirkan untuk/tata cara menggunakan logika pd ms. excel sebagai contoh berikut saya lampirkan hasil dari tugas kuliah saya.
hal yang pertama kita lakukan adalah membuat terlebih dahulu tabel atau data yang akan kita buat, dengan menggunakan tabel logika akan mempermudah kita dalam mengerjakan tugas yang sebegitu banyaknya dengan waktu singkat, berikut ini saya buat contoh dengan menggunakan tutorial yang sederhana saja hanya menggunakan rumus AVERAGE, MAX, MIN, IF, SUM untuk mencari nilai yang cukup rumit ketika menghitungnya satu persatu

dibawah ini rumus untuk mencari nilai max (nilai tertinggi) dengan menggunkan rumus logika =MAX terus klik kolom yang akan kita hitung, setelah itu di enter
sebagai contoh: =MAX(C6;G6) lalu enter setelah muncul tinggal kita drug aja kolom bawah berikutnya


contoh selanjutnya untuk menghitung nilai MINIMUM (nilai terendah) sama saja dengan  rumus sebelumnya yang diganti hanya MIN-nya saja. =MIN(C6;G6) lalu Enter

 untuk mencari jumlah =SUM(C6;G6) lalu enter, selanjutnya dgug kolom bawah berikutnya


untuk mencari rata-rata =AVERAGE(C6;G6) lalu enter, selanjutnya drug  kolom bawah berikutnya


kalau untuk untuk mencari rumus keterangan disini kita gunakan ==IF(K6>=90,"SANGAT BAIK",IF(K6>=80,"BAIK",IF(K6>=70,"CUKUP","KURANG")))


Semoga bisa bermanfaat

0 comments:

Post a Comment