Tutorial Pada ms. Excel untuk membuat tabel kebenaran
berikut ini saya lampirkan untuk/tata cara menggunakan logika pd ms. excel sebagai contoh berikut saya lampirkan hasil dari tugas kuliah saya.
hal yang pertama kita lakukan adalah membuat terlebih dahulu tabel atau data yang akan kita buat, dengan menggunakan tabel logika akan mempermudah kita dalam mengerjakan tugas yang sebegitu banyaknya dengan waktu singkat, berikut ini saya buat contoh dengan menggunakan tutorial yang sederhana saja hanya menggunakan rumus AVERAGE, MAX, MIN, IF, SUM untuk mencari nilai yang cukup rumit ketika menghitungnya satu persatu
dibawah ini rumus untuk mencari nilai max (nilai tertinggi) dengan menggunkan rumus logika =MAX terus klik kolom yang akan kita hitung, setelah itu di enter
sebagai contoh: =MAX(C6;G6) lalu enter setelah muncul tinggal kita drug aja kolom bawah berikutnya
contoh selanjutnya untuk menghitung nilai MINIMUM (nilai terendah) sama saja dengan rumus sebelumnya yang diganti hanya MIN-nya saja. =MIN(C6;G6) lalu Enter
untuk mencari jumlah =SUM(C6;G6) lalu enter, selanjutnya dgug kolom bawah berikutnya
untuk mencari rata-rata =AVERAGE(C6;G6) lalu enter, selanjutnya drug kolom bawah berikutnya
kalau untuk untuk mencari rumus keterangan disini kita gunakan ==IF(K6>=90,"SANGAT BAIK",IF(K6>=80,"BAIK",IF(K6>=70,"CUKUP","KURANG")))
Semoga bisa bermanfaat
0 comments:
Post a Comment