Thursday, November 6, 2014

Cara Mengatur Kertas Pada Ms.Word


Microsoft Word merupakan program aplikasi dari microsoft office yang biasa sering di gunakan untuk pengelolahan teks/kata, pengelolahan dokumen, laporan dan lain sebagainya.
Dalam perkembangannya microsoft office (termasuk di dalamnya microsoft word) selalu keluar masing-masing versi untuk pengembangan software office tentunya, yang di antaranya : Ms office 1998, office 2003, office 2007, office 2010, dan office 2013.
Berikut ini saya berbagi tentang langkah-langkah untuk menyisipkan atau mengatur pada ms. Word.

A.   Langkah untuk menyisipkan gambar
1.    Langkah pertama, buka terlebih dahulu lembar kerja Microsoft Word dengan cara: Klik menu Start – All Programs – Microsoft Office – Microsoft Office Word. 
2.    Kemudian, pastikan jika anda telah terlebih dahulu memiliki gambar yang ingin anda masukan pada lembar kerja di Microsoft Word. 
3.    Jika lembar kerja telah terbuka, pada menu bar silahkan pilih tab “Insert”. 
4.    Kemudian pilih ikon Picture. 
5.    Selanjutnya, silahkan cari pada drive mana file gambar disimpan. 
6.    Jika sudah ditemukan, klik satu kali pada gambar kemudian klik tombol Open, agar gambar bisa buka untuk kemudian disisipkan pada lembar kerja. 
7.    Sekarang anda bisa melihat jika foto atau gambar telah disisipkan, selanjutnya anda bisa menyunting gambar dengan memperkecil atau memperbesar gambar dengan cara klik pada gambar, kemudian jika sudah muncul garis yang mengelilingi gambar arahkan kursor pada  salah satu ujung garis, kemudian tarik gambar keluar atau kedalam sesuai kebutuhan. 





B.    Langkah untuk menyisipkan Tabel
1.   Langkah pertama, anda harus terlebih dahulu membuka Microsoft word dengan cara, klik menu Start yang terdapat dibagian pojok kiri bawah layar monitor. Kemudian lanjutkan dengan klik All Program, lalu pilih Microsoft Office dan silahkan pilih Microsoft Word. 
2.      Setelah terbuka, jika anda ingin langsung membuat tabel, ikuti langkah berikut ini. 
3.      Pilih tab Insert yang terdapat pada menu bar. 
4.   Kemudian pada kolom kedu di tab Insert, klik menu Table. Dengan begitu akan muncul kotak-kotak kecil, silahkan tentukan sendiri berapa banyak tabel yang anda butuhkan. Apabila tabel kurang banyak, maka anda bisa memilihnya pada sub menu “Insert Table”. 
5.      Dengan begitu akan muncul halaman baru. Silahkan atur berapa banyak tabel yang anda butuhkan, dengan mengisikan jumlah tabel pada kolom yang muncul. 
6.     Kemudian jika suda selesai, jangan lupa untuk menekan tombol OK, agar prubahan bisa diterapkan.  



C.    Langkah untuk mengatur ukuran kertas
1.  Langkah pertama, anda harus terlebih dahulu membuka Microsoft word dengan cara, klik menu Start yang terdapat dibagian pojok kiri bawah layar monitor. Kemudian lanjutkan dengan klik All Program, lalu ppilih Microsoft Office dan silahkan pilih Microsoft Word. 
2.     Setelah masuk lembar kerja  pilih menu page layout
3.     Kemudian pada grup page setup pilih size
4.     Setelah muncul ukuran kertas pilih ukuran yang kita inginkan




D.    Langkah untuk menyimpan dokumen
1.     Langkah pertama kita harus membuat lembar kerja yang kita inginkan
2.     Setelah pengetikan/pengerjaan selesai
3.     Klik file, kemudian  pilih icon save
4.     Selanjutnya pemberian nama file yang telah kita buat. Tujuannya agar lebih mudah ketika kita mingin membuka file yang telah kita buat
5.     Langkah selanjutnya klik OK


E.   Mengatur Paragraf
Sebelum melakukan pengaturan paragraph, hendaknya kita mengetik dahulu teks yang akan kita gunakan. Langkah-langkahnya sbb:
1.    Pada menu ribbon klik  Home .
2.    Pada grup Paragraf, pilih yang kalian inginkan:
-      Align Left
-      Align Right
-      Center
-      Justify


Semoga bisa bermanfaat

0 comments:

Post a Comment