Wednesday, September 16, 2015

DEKATI ALLAH DENGAN SHALAT TAHAJUD



Shalat merupakan kewajiaban seorang muslim dan merupakan sarana untuk berinteraksi antara makhluk dengan sang pencipta. Sholat juga dapat mencegah dari perbutan keji dan munkar bagi orang yang melaksanakannya. Setiap muslim seharusnya memiliki keinginan kuat untuk melaksanakan shalat tahajud setiap malam hingga menjai kebiasaan ibadah diwaktu sepertiga malam tersebut. Sebagaiman kita tahu orang-orang zaman terdahulu tekun dan istiqomah dalam melaksanakannya, baik musim dingin ataupun musim panas, banyak kerjaan ataupun sedang santai. Pastinya selain sebagi mesin keimanan tahajud juga banyak memberikan manfaat besar bagi orang yang istiqomah melaksanakannya baik manfaat dunia maupun akhirat.

Shalat Tahajud (qiyamullail) adalah shalat sunah yang dikerjakan pada malam hari setelah terjaga dari tidur. Sebagian ulama mengatakan waktu shalat ini sekitar jam 11 malam sampai jam 4 subuh. Namun waktu yang lebih baik adalah di sepertiga malam sekitar jam 2 sampai jam 3 pagi. 

Ada beberapa manfaat dan keutamaan bagi yang rajin melaksanakan shalat Tahajud. Sebagian orang mengatakan keajaiban diwaktu orang lain sedang tidur.

Yang pertama, mendekatkan diri kepada Allah swt. Karena pada waktu tersebut kita bisa berinteraksi langsung dengan sang pencipta, karena pada saat tersebut orang-orang sedang menikmati tidur lelapnya. Sebagimana Allha firmankan dakam al-quran. “ dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu, sebagai suatu ibadah tambahan bagimu mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS.Al-Isra:79).

Kedua, dapat menjaga kesehatan. Sudah tidak diragukan lagi, shalat tahajud menjadi terapi terbaik dari berbagi penyakit. Karena itu, orang-orang yang rajin melaksanakan shalat tahajud memiliki daya tubuh yang kuat sehingga tak akan mudah terserang oleh penyakit. Karena pada waktu tersebut dapat melancarkan peredaran darah dan akan mendapat oksigen yang masih segar dibandingkan oksigen disiang hari. Sebagimana yang telah disabdakan rasulullah, “Lakukanlah shalat malam (tahajud) karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah swt. Pencegah dari perbuatan dosa dan pencegah dari segala macam penyakit”. (HR.Tirmidzi). 

Ketiga, menjaga ketampanan dan kecantikan. Setiap manusia pasti mendambakan ketampanan dan kecantikan dalam dirinya. Melalui terapi shalat tahajud ini, seseorang dapat meraih apa yang diinginkannya tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Hal ini bukan hanya melahirkan ketampanan dan kecantikan lahir saja tapi bisa memberikan ketampanan pada batin. Sebagimana sabda nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu majah. “ barangsiapa yang banyak melaksanakan shalat malam, maka wajahnya akan bersinar disiang hari”. Coba kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, mengapa para ustadz atau ustadzah atau ahli ibadah lainnya akan jauh lebih indah dilihat dibandingakan seseorang yang hidup jadi berandalan. 

Keempat, shalat tahajud dapat memberikan peningkatan dalam produktivitas kerja yang berbasis spiritualis. Karena hal ini dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia yang andal secara intelektual, emosional dan spiritual.

Kelima, mempercepat terkabulnya doa, cita-cita dan rasa aman. Banyak para ulama yang mengatakan bahwa berdoa pada sepertiga malam itu adalah waktu yang mustajab untuk terkabulnya doa. Hanya orang-orang yang sering melaksanakan shalat tahajudlah yang akan merasakannya.

Demikian manfaat dan keistimewaan melaksanakan shalat tahajud dan rahasia shalat malam, sebenarnya masih banyak keutamaan lain yang bisa kita dapatkan dari melaksanakan shalat tahajud ketika kita melaksanakannya dengan baik dan benar (khusyu). Hal ini bisa memberikan motivasi dan semangat menjadi lebih ikhlas dalam melaksanakan ibadah kepada allah swt. Dan dalam menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW agar kita mendapat ridho dan termasuk kedalam golongan orang-orang yang bertaqwa. Aami...n

0 comments:

Post a Comment