Saturday, September 26, 2015

Waspadai.... Modus Kejahatan Kartu ATM

Automated Teller Machine, atau ATM. telah menjadi bagian dari keseharian banyak orang yang menggunakan bukan hanya untuk mengambil uang saja, tapi juga untuk melakukan berbagi kegiatan perbankan lainnya. Seperti mengirim uang dan pembayaran tagihan bulanan.

Saat ini ATM sudah merupakan bagian dari hidup kita. Kita mungkin tidak ingat sudah berapa kali dalam sebulan mengunjungi ATM. Bahkan kita lebih senang datang ke ATM dari pada bertemu teller yang cantik sekalipun. Tapi dibalik kepraktisannya itu, Tidak sedikit orang-orang jahat yang memanfaatkan kesempatan untuk mengelabui orang yang mau bertransaksi di mesin ATM.

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai kejahatan/modus modus para pelaku kejahatan Kartu ATM.

1. Keypad Palsu


salah satu modus penipuan ATM adalah menaruh keypad palsu diatas yang asli dengan serapih mungkin agar tidak diketahui oleh para pennguna maupun petugas bank. Dengan tujuan keypad palsu ini bisa merekam keypad kata sandi yang dipencet oleh korban, yang tak sadar bahwa transaksinya berada dalam sebuah massalah.

2. Mengganjal ATM


Penipu biasanya meletakan pada slot kartu yang akan menyebabkan kartu ATM yang dimasukan akan terselip didalam slot tersebut, nah biasanya pelaku suka memantau sikorban dan langsung menghampiri, menanyakan masalah yang kita hadapi, dan dengan senagnya diakan membantu kita untuk melepaskan ATM yang tersangkut tersebut dan biasanya pelaku meminta untuk memasukan kembali password ATM tadi disinilah mereka menngunakan triknya. Banyak juga yang modus yang menempelkan stiker diarea ATM dengan tulisan "jika ATM anda tersangkut sialahkan hub. no bla... bla... kami siap membantu".

3. Memasng Kamera Kecil

Trik selanjutnya yang dilakukan penipu dengan memasang kamera kecil yang tidak mudah terlihat atau tanpa kita sadari yang berada didekat mesin ATM. Pelaku biasanya menyimpan kamera kecil tersebut dalam tumpukan brosur atau tempat lain yang berada didekat ATM. dengan Tujuan bisa melihat dan merekam keypad yang anda pencet ketika memasukkan PIN.

4. Memasang Jebakan Uang.


Selain membuat jebakan untuk memperangkapdan merekam kartu kartu, modus pelaku penipuan lainnya adalah penipu juga bisa membuat jebakan agar uang yang ditarik tidak akan keluar dari mesin. Korban akan melakukan penarikan seperti biasa, namun uang tidak akan keluar dari slot. Jika korban meninggalkan mesin untuk mencari pertolongan, atau berpikir bahwa mesinnya rusak lalu pergi begitu saja, si penipu akan datang untuk mengambil uang yang terperangkap.

5. Memasang Alat Skimming


Alat skimming ini dipasang pada mesin ATM untuk merekam informasi yang tersimpan didalam kartu ATM yag kita masukan kedalam slot, yang bisa merekam seperti nomor rekening dan PIN. biasanya pelaku memasng alat ini disamping slot atau bahkan diatasnya. yang mana satu alat ini bisa menyimpan data dari ratusan kartu, dan penipu akan baru melepasnya jika sudah penuh atau dalam waktu tertentu.

Semoga hal ini bisa menambah kewaspadaan dalam menggunakan teknologi yang sedang beredar. agar kita tidak menjadi korban kejahatan.

0 comments:

Post a Comment