Thursday, September 24, 2015

Kenapa Harus Makan Genjer?

Siapa yang tak kenal dengan sayuran hijau yang satu ini, tentunya anda sudah tahu bukan. Ya inilah genjer. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Limnocharis Flava ini adalah jenis tumbuhan yang memiliki daun berlapis zat lilin yang memiliki serat dan batang yang berongga.



Bagi yang tinggal dipedesaan masih banyak menemukan atau masih mengonsumsi sayuran yang satu ini. Nama genjer itu sendiri adalah sebutan sayuran yang ada didaerah sunda, namun ditempat menyebutnya beda lagi. sejenis eceng gondok, namun genjer biasanya banyak tumbuh ditempat tropis seperti di indonesia ini seperti pesawahan, rawa bahkan disungai sekalipun. Meski tidak ditanamai langsung sayuran ini akan tumbuh dengan sendirinya. tapi sekarang sudah banyak orang yang membudidayakan sayuran ini.

Sayuran ini sangat erat sekali dengan Kemiskinan dan hanya banyak dikonsumsi oleh mereka kalangan yang tidak memiliki uang lebih ntuk membeli bahan lain. Namun jangan salah, meski namanya lebih identik dengan kemiskinan ternyata sayuran jenis ini menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan. Hal ini sudah terbukti, coba kita lihat orang-orang pedesaan yang banyak mengonsumsi genjer dengan makanan yang mengandung kimiawi. hasilnya mengejutkan ternyata orang yang mengonsumsi genjer akan lebih sehat dan kuat dibandingka mereka yang memakan hasil campuran kimiawi. contohnya saya hehe....

Biasanya genjer dimanfaatkan untuk tumisan, lalapan, campuran gado-gado. Selain itu juga ternyata genjer memiliki banyak manfaat. Berikut Kandungan yang ada pada genjer: Serat, Protein, Posfor, Kalsium dan Zat Besi.

Sayuran yang pernah menjadi lirik lagu "Genjer-Genjer" di era 60-an ini merupakan sayuran yang memilki kasiat tinggi untuk kebutuhan sehari-hari.

  1. Melancarkan pencernaan.
  2. Mencegah sembelit
  3. Membantu proses pencernaan.
  4. Sebagai sumber energi.
  5. Pembentukan sel darah.
  6. Mempercepat penyembuhan luka.
  7. Mencegah osteoporosis
  8. Pembentukan masa otot 


Nah, sahabat sehat bagaimana tanggapan anda tentang manfaat sayuran genjer ini. Apakah akan menyebutnya makanan orang miskin aja atau anda sendiri akan mengonsumsinya dengan cara yang berbeda. semoga coretan saya ini bisa bermanfaat dan bisa dishare bagi yang rindu akan kesehatan.

0 comments:

Post a Comment